Selasa, 07 Maret 2017

Benjolan Benjolan di tubuh Inilah yang berbahaya.

Setiap ada benjolan yang datang secara mendadak atau tiba tiba kita harus segera menengani. Karena benjolan benjolan tersebut bisa bisa adalah indikasi awal bahwa kita telah mengelamai suatu penyakit yang di sebabkan untuk menyerang kelenjar getah bening.Pembengkan dan Adanya benjolan pada bagian tubuh mungkin akan dapat menimbulkan rasa kecemasan dan ketakutan. Apaskah benjolan pada tubuh tersebut telah terjadi kanker atau penyakit apapun. Untuk itu untuk menghilangkan rasa takut dan cemas maka anda perlu untuk mengenali benjolan apakah yang terdapat pada tubuh anda.
Pembengkakan kelenjar getah bening atau munculnya benjolan pada bagian tubuh seringkali menimbulkan kecemasan dan mengundang tanda tanya. Apakah pembengkakan merupakan hal normal, penyakit yang berbahaya atau suatu gejala dari penyakit ganas alias kanker? Agar cemas tak berkelanjutan dan tertangani baik, kita perlu mengenali penyebab pembesaran kelenjar getah bening dan gambaran klinisnya.

Pada dasarnya, kelenjar getah bening atau munculnya benjolan pada tubuh merupakan salah satu organ vital yang menjadi bagian dari sistem imun atau pertahanan atau kekebalan tubuh. Tubuh memiliki kurang lebih 600 kelenjar getah bening. Hanya di beberapa tempat kelenjar bisa dikenali dengan mudah dan bisa diraba, yakni di leher, ketiak, lipatan paha, panggul, dan perut. Bagian bagian inilah yang sering muncul akan benjolan benjolan tersebut.

Sedangkan Fungsi dari kelenjar getah bening antara lain adlah sebagai tempat penyaringan antigen atau protein asing dari pembuluh-pembuluh getah bening yang melewatinya. Ibaratnya, kelenjar ini adalah imigrasi yang mengawasi pendatang dari luar negeri atau dengan kata lain pos penjagaan yang akan menjaring dan mendeportasi pendatang yang mengancam kesehatan tubuh.

Baiklah, Setelah kita bisa mendeteksi adanya gangguan kesehatan berupa munculnya benjolan atau saat kelenjar getah bening membengkak. masyarakat biasanya langsung khawatir, cemas dan ketakutan dan akan menyangka pembengkakan sebagai kanker. “Padahal tidak semua pembengkakan berarti kanker, tapi bisa jadi karena penyebab lain,” Bisa jadi memang pos penjagaan kesehatan kita telah di lewati suatu bakteri sehingga terjadinya pembengkakan pada salah satu bagian tubuh kita.

Pembengkakan kelenjar getah bening atau munculnya benjolan bisa disebabkan infeksi akut karena di bagian tubuh lain ada yang sakit. Misal, sakit gigi dan radang telinga, atau infeksi virus pada saluran pernafasan bagian atas. Ada juga penyebab lain, yakni infeksi kronis yang umumnya terjadi karena beberapa penyakit seperti tuberkulosis (TBC), infeksi paru-paru, dan penyakit seksual.

Sekadar informasi bahwa infeksi akut biasanya dikaitkan dengan penyakit yang datang secara tiba-tiba dengan jangka waktu singkat. Sedangkan infeksi kronis terjadi dari gangguan penyakit yang telah berlangsung lama. “Infeksi menyebabkan pembengkakan dan kemerahan di tempat kelenjar getah bening berada, demam, dan nyeri.

Pembengkakan kelenjar atau munculnya benjolan pada bagian tubuh akibat jenis ini akan kempes seiring membaiknya kondisi tubuh, bagian tubuh yang terkena infeksi akan mulai terasa tidak sakit kembali tetapi apabila kondisi bengkak lebih dari satu sentimeter maka di sarankan sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Munculnya Benjolan Karena kanker

Munculnya benjolan pada bagian tubuh atau Pembengkakan kelenjar juga bisa terjadi karena kanker yang di akibatkan oleh mutasi sel limfosit (sejenis sel darah putih). Sel tersebut menjadi ganas dan tumbuh di berbagai organ termasuk kelenjar getah bening. Kalau kelenjar ini terserang kanker, disebut limfoma.

pendeteksian kanker atau bukan tidak bisa dilakukan kasat mata. Karena Penentuan kanker harus melalui tahapan pemeriksaan, mulai pengambilan gambar (rontgen) hingga pengambilan sampel kelenjar getah bening atau biopsi. Tanpa melalui tahapan tersebut maka untuk mengetahuinya di rasa tidak cukup valid dan menyakinkan.

Pelu di ketahui lagi bahwa ada dua macam kanker sistem limfatik, yakni hodgkin dan limfoma non-hodgkin. “Sel hodgkin lebih berbahaya karena menyebar melalui sel darah,”

Gejala-gejala untuk mengenali pembengkakan kelenjar getah bening sebagai kanker antara lain, penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas, demam, hidung sering tersumbat, telinga berdengung, dan menurunnya nafsu makan berkepanjangan. Dus, setelah mengenali jenis dan gejalanya, penanganan pun bisa dilakukan dengan tepat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar